HANYA BUTUH SATU “KLIK” DALAM HITUNGAN MENIT UNTUK BERANGKAT KE TANAH SUCI

        Kementerian Agama Kota Yogyakarta bertekad untuk merubah mindset masyarakat sekaligus cultureset ASN Kemenag Kota Yogyakarta khususnya yang terkait dengan pelayanan haji, maka diawal bulan Mei 2018 pelayanan pendaftaran haji di Kankemenag Kota Yogyakarta agar menjadi lebih nyaman, lebih mudah, dan cepat, tidak lagi dalam hitungan hari ataupun jam melainkan dalam hitungan menit. Pelayanan ini diluncurkan untuk menjawab ekspektasi warga Kota Yogyakarta yang kebanyakan dari kalangan terdidik dan memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi, tentu membutuhkan pelayanan yang cepat, tepat dan efisiensi waktu. Pada sisi lain adanya kenyataan tingginya harapan hidup warga Kota Yogyakarta, tentu ini mengharuskan adanya treadment khusus dalam melayani kebutuhan mereka yakni dengan model One Day and One Stop Service.

         Pada saat yang sama pelayanan masyarakat di bidang pendaftaran haji memiliki rating yang paling tinggi diantara pelayanan-pelayanan yang ada di lingkungan unit kerja Kankemenag Kota Yogyakarta. Namun di internal Kankemenag setidaknya ada 2 (dua) kendaladalam kenyamanan pelayanan dimaksud, pertama ; posisi ruang PHU yang berada menjorok kedalam walau masihdalam area lantai I, dan ini terasa menyulitkan sehingga calon jamaah harus selalu bertanya kepada petugas jaga dana tau kepada karyawa/wati yang dijumpa[, walau di depan ruang PHU telah di beri tanda. Kedua  ; tidak ada ruang tunggu yang refresentatif dalam arti tempat tersendiri yang nyaman, rap[ dan dekat dengan ruang SISKOHAT. Selama ini mereka menunggu di kursi tunggu lobby kantor atau duduk di teras di depan ruang PHU.

Diluar kendala-kendala diatas, secara umum masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji masih akan melalui dua fase kegiatan yang lumayan panjang karena kemungkinan tidak dapat di laksanakan dalam satu waktu, yaitu ;

  1. Datang ke Bank Penerima Setoran BPS- BPIH untuk membuka rekening dan sekaligus mendapatkan nomor verifikasi.
  2. Datang ke Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta untuk mendaftarkan sebagai calon jama’ah haji dengan membawa noor verifikasi dari BPS BPIH tersebut diatas. Di desain khus

        Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, maka pelayanan pendaftaran haji akan di gabungkan menjadi bagian dari pelayanan di PTSP di ruangan yang di desain khusus untuk itu. Kecepatan pelayanan pendaftaran haji di PTSP terletak pada kategori pelayanan model One Stop Service.

        Di PTSP ada 5 counter antara lain, counter 1-3 untuk pelayanan PTSP, counter 4 untuk perwakilan dari petugas BPS-BPIH dan counter 5 dari JFU penerima pendaftaran haji. Apabila calon jemaah haji datang dan sudah membuka tabungan di BPS sudah dapat surat verifikasi dari bank, maka pelayanan pendaftaran haji langsung ditangani oeh JFU dari PHU.

        Namun jika jamaah haji belum membuka rekening tabungan di BPS, maka yang bersangkutan masuk di counter 4 untuk proses buka tabungan. Karena keterbatasan lahan sehingga pihak BPS tidak mungkin menyiapkan armada mobile bankng di sekitar Kankemenag Kota Yogyakarta Sehingga semua proses dilakukan melalui jaringan internet dari aplikasi BPS bersangkutan.

        Calon jamaah haji pertama-tama membayar dan membuka tabungan melalui petugas dari BPS di counter 4, untuk proses input data calon jamaah haji dilakukan di PTSP. Kemudian data dikirim ke induk BPS sampai calon jamaah mendapatkan verifikasi ari BPS.  Hasil verifikasi kemudian dikirim melalui handphone androit ke petugas BPS di PTSP. Setelah hasil verifikasi diterima maka clon jamaah haji kemudian melalukan proses rekam data di SISKOHAT , jika proses rekam data selesai maka proses penfataran haji sudah selesai.

        Dengan demikian seseorang yang hendak mendaftar sebagai calon jamaah haji hanya cukup 1 (satu) kali di PTSP, dengan dukungan teknologi informasi (IT), maka proses sebagaimana diatas tentu tidak akan memakan waktu yang panjang, bahkan bisa diselesesaikan dalam hitungan menit. Sehingga calon jamaah haji akan mendapatkan kepuasan karena mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat di tempat yng refresentatif, juga benefid lain yang diperoleh semisal hemat waktu serta hemat biaya.

        Untuk cetak buku tabungan dapat diambil pada keempatan lain olh calon jamaah di BPS bukan di PTSP atau mungkin bahkan diantarkan oleh BPS ke alamat calon jamaah sebagai bagian dari pelayanan kepada nasabah oleh BPS dimaksud.(hms.Nrl) 

 

PEMBUKAAN RAKER KEMENAG KOTA YOGYAKARTA 21 Maret 2018, di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Sleman

Rapat kerja Kementerian Agama Kota Yogyakarta pada Tahun 2018 diselenggarakan selama 2 hari (Rabu-Kamis, 21-22 Maret 2018), bertempat di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada rapat kerja tahun ini Kemenag Kota Yogyakarta menghadirkan tema Memperteguh Terwujudnya E-Goverment melalui Inovasi dan Digitalisasi Pelayanan”, dimana rapat kerja kali ini dikemas dengan konsep tematik, yang diikuti sebanyak 56 orang ASN Ka Kemenag Kota Yogyakarta, terdiri dari unsur Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Kepala KUA se-Kota Yogyakarta, Kepala Madrasah Negeri, Pokjaluh, Pengawas, Bendahara Pengeluaran, PPK, ULP, Perencana, PPHP, BMN, Kepegawaian, PPABP.

Sebelum acara pembukaan raker terlebih dahulu semua peserta mengikuti acara “Capasity Building” yang diselenggarakan dengan ngobrol santai mengambil judul “Tentang Pelayanan Publik Zaman Now” oleh Motivator dari Amikom Yogyakrta Drs. H. D. Iriyanto, MM,CPC.

Pada acara pembukaan rapat kerja Kemenag Kota Yogyakarta, Rabu, (21/3/18), di buka oleh Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Lutfi Hamid, M.Ag dalam  sambutannya mengatakan bahwa “ Bekerja memberikan pelayanan kepada publik jangan  hanya berbasis hirarkhi, karena hirarkhi itu dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi, melainkan bekerja harus berbasis relasi, bekerja dengan mengedepankan empati. Hirarkhi itu memang penting, tetapi yang penting tidak semata-mata hirarkhinya, melainkan pada persoalan kemanusiaan.  Di sinilah relasi menjadi penting, kita bangun kebersamaan dengan mind set keterbukaan.  Kita bisa bangun relasi dan kebersamaan dalam melaksanakan program-program strategis, kita bisa bekerja dengan siapapun, karena pada  dasarnya kita tidak bisa berbuat banyak ketika hanya terbelenggu oleh tugas pokok dan fungsi.

Ka Kemenag Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsita, MA mengharapkan semua peserta raker dapat aktif memberikan sumbangan untuk meningkatkan pelayanan dan mengembangkan program-program  unggulan  layanan terhadap masyarakat.  Sekarang ini, semua jajaran di Kementerian Agama dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat  dan harapan atasan atau institusi kita. Karena itu, Kepala Kemenag Kota Yogyakarta mengajak semua pejabat struktural maupun fungsional, khususnya semua peserta raker untuk bersama-sama berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. (hms.Nrl)

 

 

SEBANYAK 22 APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAH JABATAN PENGAWAS DAN JABATAN FUNGSIONAL (Kepala KUA dan Kepala Madrasah) DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

         

         Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA telah melantik dan mengambil Sumpah Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional (Kepala KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah) sebanyak 22 orang Pejabat  di lingkungan Kementerian Agama Kota Yogyakarta, bertempat di Aula Kemenag Kota Yogyakarta, Senin (26/2/18). Upacara pelantikan disaksikan oleh Pejabat Kemenag Kota Yogyakarta  Drs. H. MASKUR  ASHARI, MA ( Kasi Bimas Islam ) dan H. ACHMAD FAUZI, S.Ag.,M.S.I ( Kasi Penyelenggara Dikmad ) juga  dihadiri istri-istri para pejabat yang dilantik dan  segenap pejabat yang ada di Kemenag Kota Yogyakarta.

        Dari ke 22 Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan tersebut terdapat 10 Kepala KUA Kecamatan Kota Yogyakarta mengalami rotasi jabatan, sedangkan 4 Kepala KUA lainnya masih ditempat yang sama tidak mengalami rotasi, selebihnya adalah dari Kepala MIN, MTsN, MAN dan Penghulu Muda bahkan ada yang dari luar Kota Yogyakarta yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul.

Pejabat-pejabat yang dilantik sebagai berikut :

  1. Drs. H. BAMBANG INANTA. ( Jabatan lama Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kakemenag Kota Yogyakarta, menjadi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kakemenag Kota Yogyakarta ).
  2. H. AHMAD MUSTAFID, S.Ag.,M.Hum. ( Jabatan lama Penyelanggara Syari’ah Kakemenag Kota Yogyakarta, menjadi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kakemenag Kota Yogyakarta ).
  3. AMINUDDIN, S.Ag.,M.Si. ( Jabatan lama Penyuluh Agama Madya KUA Kec. Mantrijeron, menjadi Penyelenggara Syari,ah Kakemenag Kota Yogyakarta )
  4. Drs. H. SUPARNO. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Kraton, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Jetis Kota Yogyakarta).
  5. SUARDI, S.Ag. (Jabatan lama Kepala KUA Kec. Gedongtengen, menjadi Penyuluh Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Kraton Kota Yogyakarta).
  6. M. ABDUL ROKHMAN,S.Ag.,M.S.I.  (Jabatan lama Kepala KUA Kec. Kalibawang Kulon Progo, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Gedongtengen Kota Yogyakarta).
  7. Drs. IS’ADI FATAH WIJAYA,M.S.I.  (Jabatan lama Kepala KUA Kec. Danurejan, menjadi  Kepala KUA Kec. Mantrijeron Kota Yogyakarta).
  8. H.M. LUKMAN HAKIM,S.Ag.,MA ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Mantrijeron, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas sebagai Kepala KUA Kec. Danurejan Kota Yogyakarta)
  9. Drs. SUPARMAN. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Gondokusuman, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Kotagede Kota Yogyakarta).
  10. SAEFUL ANWAR, S.Ag.,M.S.I. ( Jabatan lama Kepala KUA ec. Tegalrejo, menjadi Penghulu Madya yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Gondokusuma Kota Yogyakarta ).
  11. Drs. MUKLIS. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Umbulharjo, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Tegalrejo Kota Yogyakarta ).
  12. HANDDRI KUSUMA, S.Ag.,M.S.I. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Gondomanan, menjadi Penghulu Madya yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta )
  13. SETYO PURWADI, S.Ag. ( Jabatan lama Penghulu Muda KUA Kec. Mergangsan, menjadi Penghulu Muda yang dieri tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Gondomanan Kota Yogyakarta)
  14. NANANG KOSIM, S.Ag. ( jabatan lama Kepala KUA Kec. Pakualaman, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Pakualaman Kota Yogyakarta).
  15. NOEROHINI, S.Ag.,M.H. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Wirobrajan, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Wirobrajan Kota Yogyakarta).
  16. GHUFRON SU’UDI. S.Ag. ( Jabatn lama Kepala KUA Kec. Mergangsan, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Mergangsan Kota Yogyakarta).
  17. Drs. SYAKUR. ( Jabatan lama Kepala KUA Kec. Ngampilan, menjadi Penghulu Muda yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kec. Ngampilan Kota Yogyakarta).
  18. ALI SHOFA, S.Ag. ( Jabatan lama Guru Madya/Kepala MIN 2 Sleman Kab. Sleman, menjadi Guru Madya/ Kepala MIN 1 Yogyakarta)
  19. AGUS SURYANTO, S.Ag.,M.Pd.I. (Jabatan lama Guru Madya/Kepala MTs Yaketunis Yogyakarta, menjadi Guru Madya /Kepala MTsN 1 Yogyakarta).
  20. Drs. H. MARDI SANTOSA. (Jabatan lama Guru Madya/Kepala MAN 3 Kulon Progo, menjadi Guru Madya/Kepala MAN 2 Yogyakarta).
  21. NURMANSYAH, S.H. ( Jabatan lama Kepala Urusan Tata Usaha MAN 2 Bantul, menjadi Kepala Urusan Tata Usaha MAN 1 Yogyakarta).
  22. Drs. ZULIADI, M.Ag. ( Jabatan lama Guru Madya/Kepala MTsN 5 Sleman, menjadi Guru Madya MAN 1 Yogyakarta). 

         Dalam sambutannya Ka Kemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA menyampaikan bahwasanya rotasi atau mutasi jabatan adalah hal biasa bukan hal yang luar biasa, dimana mutasi dan rotasi jabatan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan institusi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu dalam birokrasi perlu adanya penyegaran agar tidak timbul rasa jenuh sehingga dapat mengurangi efektifitas dan kualitas kerja itu sendiri, untuk itu para pejabat yang baru dilantik agar  terus mengembangkan pengalaman, ilmu  serta meningkatkan kompetensi diri.

          H. Sisit Warsita juga punya harapan besar bahwa Kantor Kemenag Kota Yogyakarta  dalam melaksanakan pelayanan yang mana semuanya sekarang sudah serba “E”  (Elektronik), dalam hal ini Kanwil Kemenag DIY sudah luar biasa melakukan terobosan-terobosannya dan tentu efektasinya kepada kita semua, jadi kalua kita tidak bisa mengikuti maka sudah pasti akan menjadi bahan evaluasi. Alhamdulillah MAN 1 Yogyakarta di bulan Maret akan lounching “E”, Madrasah, dan untuk yang lainnya tentu segera menyesuaikan. Maka dengan demikian dihimbau kepada Kepegawain  Kemenag Kota Yogyakarta  segera mengadakan Bimtek untuk “E” Kinerja.

          Terakhir sambutan H. Sigit Warsita mengingatkan untuk para Dharma Wanita diminta supportnya untuk para suami dan mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan selamat bertugas ditempat yang baru. Juga diminta agar terlebih dahulu untuk masing-masing menyelesaikan tugasnya agar pejabat yang baru tidak terbebani dengan sisa tugas yang lama.(hms.Nrl)

Penyerahan Penghargaan Kemenag Berprestasi

Dalam akhir penutupan Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diselenggarakan di Hotel Lorin Solo Jawa Tengah kemarin Kamis 1 Maret 2018 dengan rasa syukur Alhamdulillah serta hasil kerja keras seluruh ASN Kemenag Kota Yogyakarta akhirnya perjuangan tersebut menghasilkan Prestasi yang membanggakan dengan memperoleh Piagam Penghargaan sebagai “ Peraih Nilai Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Tertinggi di lingkungan Kanwil Kemenag DIY ”, yang diserahkan langsung oleh Bapak Kepala Kanwil Kemenag DIY H.M. Lutfi Hamid kepada  Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta H.Sigit Warsita. Dalam kesempatan tersebut Kemenag Kabupaten Bantul juga memperoleh penghargaan sebagai PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) pertama di DIY pada khususnya dan Wilayah Indonesia pada umumnya serta Kemenag Kabupaten Sleman memperoleh penghargaan terkait penyerapan anggaran EMPA tertinggi se DIY. (dpj)

17 SATYA LENCANA KARYA SATYA DISERAHKAN KEPADA PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI LINGKUNGAN KEMENAG KOTA YOGYAKARTA PADA PUNCAK UPACARA BENDERA (HAB) KE-72 DI HALAMAN BALAIKOTA YOGYAKARTA

 

Sebanyak 17 (tujuh belas) orang pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menerima tanda kehormatan berupa penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo, untuk masa bakti pengabdian 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, bertempat dihalaman Kantor Walikota Yogyakarta di akhir Upacara Bendera pada puncak  peringatan Hari Amal Bakti ( HAB ) Kementerian Agama RI ke-72, diserahkan dan disematkan langsung Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Hoeru Poerwadi, MA dengan didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta H. Sigit Warsita, MA.  Rabu (3/1/18).

Penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya masa bakti 10, 20, dan 30 tahun sebanyak 17 (tujuh belas) orang pegawai dilingkungan Kemenag Kota Yogyakarta tersebut terdiri dari 4  (empat) orang pegawai masa bakti 10 tahun adalah :

  1. Handdri Kusuma, S.Ag.,M.S.I. (Kepala KUA Gondomanan Kota Yogyakarta),
  2. Murtinah, S.Pd.,M.A. (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  3. Ahmadi Sholihin, S.Pd.I.,M.Pd.I.  (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  4. Dra. Hindatulatifah, M.S.I. (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),

Untuk penerima penghargaan masa bakti 20 tahun Satya Lencana Karya Satya diberikan kepada 10 (sepuluh) orang pegawai sebagai berikut :

  1. Drs. H. Suparno.  (Kepala KUA Kec. Kraton Kota Yogyakarta),
  2. E. Eri Suprobo, S.S.,M.Pd.  (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  3. Agus Suryanto, S.Ag.,M.Pd.I.  (Guru Madya/Kepala MTs Yaketunis Yogyakarta),
  4. Drs. Haerul Badri, M.S.I.  (Pengawas Seklah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  5. Drs. Suyono, M.Ag.  ( Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  6. Muhammad Budi Basuki, S.Pd.I.,M.S.I. (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  7. Ratini, S.Pd.I.   (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  8. Supriyadi, BA.  (Guru Madya MAN 2 Kota Yogyakarta).
  9. Dra Wakingah, M.S.I.  (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta)
  10. H. Mohammad Lkman Hakim, S.Ag.,M.A.  (Kepala KUA Kec. Mantrijeron Kota Yogyakaerta), 

Sedangkan untuk yang masa bakti 30 tahun penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya sebanyak 3 (tiga) orang pegawai adalah :

  1. Drs. Bambang Sunaryo. ( Guru Madya MAN 2 Kota Yogyakart),
  2. Drs. Paiman, M.A.  (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),
  3. Drs. H. Susanta.   (Pengawas Sekolah Madya Kankemenag Kota Yogyakarta),(hms.N)

WALIKOTA YOGYAKARTA MENYAPA SISWA RAUDLATUL ATHFAL (RA) SE-KOTA YOGYAKARTA

Bapak Walikota dan Bunda paud Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Hoeru Poerwadi, MA  menyapa siswa Raudlatul Athfal (RA) Selasa (2/1/18)

Dalam rangka menyemarakan HAB Kemenag Kota Yogyakarta ke-72 tahun 2018 sekitar 100  anak dari perwakilan Raudlatul Atfhal  (RA) se Kota Yogyakarta, Selasa (2/1/18) dengan didampingi guru pembimbingnya berkumpul di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta, dalam sebuah kegiatan yang bertajuk “Walikota Menyapa Siswa Raudlatul Atfhal (RA) se-Kota Yogyakarta” . Hadir dalam kegiatan dimaksud Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Hoeru Poerwadi, MA  dengan didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA, Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta H. Achmad Fauzi, S.Ag.,M.S.I. Dalam acara itu Wakil Walikota Yogyakarta Drs Hoeru Poerwadi, MA berkenan menyapa, berdialog dan berintegrasi dengan para siswa Raudlatul Athfal.

 Yang melatar belakangi kegiatan ini adalah, dengan Walikota Menyapa diharapkan bisa memberikan motivasi kepada guru dan siswa Raudlatul Athfal (RA), yang juga sekaligus  untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya Kota Yogyakarta tentang keberadaan lembaga pendidian  Raudlatul Athfal (RA) dan program unggulan  Raudlatul Athfal (RA)  sebagai salah satu lembaga informal untuk anak usia dini di bawah naungan Kementerian Agama Kota Yogyakarta,  dalam rangka menstimulasi kepekaan dan pengenalan “dunia luar” adalah dengan kegiatan minitrif (pembelajaran diluar kelas). 

Melalui kegiatan minitrif ini diharapkan anak sedini mungkin diperkenalkan berbagai hal tentang benda dan orang-orang disekitarnya, pengenalan berbagai pola, sikap dan prilaku akan membantu anak memahami aspek-aspek psikologi dari lingkungan sosialnya.  Karna setiap anak ditakdirkan memiliki tingkat intelektual, watak, profesi, dan bakat yang berbeda-beda, ditangan pendidik yang cerdas, maka perbedaan perbedaan itu justru saling melengkapi.

Pada kegiatan tersebut siswa Raudlatul Athfal (RA) juga mempersembahkan  kebolehannya dengan menampilkan  Senam Anak Sholeh dan Tari Saman dihadapan Wakil Walikota Yogyakarta dan hadirin, selesai disapa Bapak Wakil Walikota Yogyakarta kemudian mereka mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Perizinan dan Penanaman Modal untuk memberikan souvenir kepada Kadis Dukcapil dan Kadis Perizinan dan Penanaman Modal Kota Yogyakarta, juga kepada tamu/masyarakat yang sedang menunggu pelayanan. 

Yang menarik dari kegiatan penyampaian souvenir tersebut adalah penyampaian infromasi kepada masyarakat luas bahwa pada tanggal 3 Januari 2018 adalah Hari Amal Bakthi (HAB) Kemenag yang ke-72, karna banyak masyarakat luas yang belum tahu kapan Kementerian Agama RI dilahirkan. Kegiatan itu sekaligus juga untuk membuka kesadaran serta pemahaman masyarakat bahwa ada pendidikan Formal disamping Taman Kakak-kanak (TK) yang sudah secara umum dikenal oleh masyarakat, sehingga diharapkan nantinya masyarakat ikut memiliki dan mendukung keberadaan Raudlatul Atfhal (RA) di tengah-tengah lingkungan mereka. (Hms.Nrl)

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomVision.Com
  • Galeri Video

  • Galeri Foto

  • Berita

  • Layanan Masyarakat

Login Form

Tautan Penting

Social Media

Lokasi

Visitor Counter

000036573
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Kunjungan
82
69
802
33592
5374
8087
36573

IP Anda: 54.80.185.137
20-04-2018 @ 05:21:17

Visitor Online

Ada 38 tamu dan 0 member online

Waktu Shalat


jadwal-sholat