Articles

Launching e-Madrasah MAN 1 Yogyakarta Wujud Pelayanan Prima Madrasah

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Ada yang istimewa dalam acara talkshow pada peringatan milad ke-68 MAN 1 Yogyakarta, yaitu Launching e-Madrasah. Demi meningkatkan pelayanan madrasah kepada masyarakat, serta mengimbangi perkembangan teknologi, madrasah ini akan melakukan digitalisasi beberapa program dan pelayanan madrasah. 

Program ini dilaunching langsung oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI Dr.H. Achmad Umar, MA., Sabtu(31/3), di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardja Soemantri (Purna Budaya) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Kakanwil Kemenag DIY Dr.H.Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag mengatakan, MAN 1 Yogyakarta menjadi pilot project untuk menerapkan e-Madrasah, kemudian secara bertahap akan diterapkan di seluruh madrasah se-DIY. 

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menjelaskan, e-Madrasah merupakan wujud pelayanan prima madrasah kepada masyarakat, dan menjadikan madrasah unggul, hebat dan bermartabat. 

E-Madrasah yang akan diterapkan di madrasah ini meliputi pelayanan e-Learning, penilaian, legalisasi ijazah, persuratan, kehadiran siswa, keuangan dan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru( PPDB). 

Turut hadir dalam acara tersebut Prof.Dr.H. Mahfud. MD selaku alumnus MAN 1 Yogyakarta angkatan 1978 dan  memberikan motivasi kepada para siswa-siswi yang memenuhi ruangan bahwa semua pelajar harus berbangga diri menjadi bagian dari madrasah karena tidak sedikit para tokoh nasional dahulunya sekolah di madrasah yang mengharumkan nama bangsa dan negara,selain itu Mahfud MD berpesan bahwa kader generasi bangsa harus memiliki integritas dan kejujuran yang tinggi selain kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. (dzl/dpj)