Penilaian KUA TELADAN TK PROP DIY 2018 di-KUA KEC. WIROBRAJAN

Lomba KUA Teladan Tingkat Propinsi DIY tahun 2018 dimulai dari penilaian di KUA Kec. Wrobrajan sebagai wakil dari Kota Yogyakarta, Senin (30/4/18), bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wirobrajan, Jl. Tegalmulyo No. 23, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, acara penilaian lomba KUA dihadiri Walikota Yogyakarta yang diwakili Sekda Pemkot Yogyakarta Rr. Titik Sulastri, Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA,Unsur Muspika Kec. Wirobrajan, Ka KUA se-Kota Yogyakrta, Camat Wirobrajan, Lurah se Kec. Wirobrajan, Ka Puskesmas Wirobrajan, serta mitra kerja KUA Wirobrajan dan lainnya.

Kehadiran Tim Penilai KUA Teladan Tingkat Propinsi DIY beserta rombongan disambut dengan BergodoPrajurit Wirabraja dan Pengalungan Surban kepada Ketua Tim Penilai Kakanwil Kemenag DIY yang diwakili Kabag TU Kanwil Kemenag DIY Drs. H. Edhi Gunawan,M.Pd.I, langsung mengunjungi stand bazar  mitra dan binaan  KUA Wirobrajan.

Rangkaian acara diawali sambutan Walikota Yogyakarta diwakili Sekda Pemkot Yogyakarta RR. Titik Sulastri antara lain mengatakan “melalui momentum ini diharapkan dapat memberikan penguatan bagi aparatur KUA dalam mengemban amanah mulia, menciptakan kerukunan umat beragama mengingat Yogyakarta adalah Kota heterogen dengan pemeluk agama yang beragam serta masyarakat dari berbagai ras, golongan, suku dan kelompok. Melalui berbagai terobosan program diantaranya Ketahanan Keluarga Berbasis Masjid, Sistem Pelayanan Terpadu Satu Meja dan kegiatan lainnya, diharapkan menjadi salah satu pertimbangan Tim Juri untuk memberikan point maksimal kepada KUA Kec. Wirobrajan, sebab melalui inovasinya

keberadaan KUA Wirobrajan sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat”.

Kepala KUA Kec. Wirobrajan Noerohini,S.Ag.,MH dalam pemaparan bahasannya didampingi ASN KUA Wirobrajan, menyampaikan beberapa unggulan kegiatan  dan program pelayanan  yang sudah dilakukan KUA Wirobrajan antara lain Ketahanan Keluarga Berbasis Masjid dan inovasi berupa Pelayanan Tamu Satu Meja dengan mengusung Moto “CERIA’  Cermat, Elegan, Responsif, Ikhlas dan Akuntabel, tentunya dengan “Visi” terwujudnya Masyarakat Kecamatan Wirobrajan yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera lahir bathin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Akhir acara Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA menyampaikan apresiasinya  kepada KUA Wirobrajan dan jajaran serta panitia yang terlibat untuk kesiapan dan kerja samanya sudah memberikan hasil yang maksimal sebagai KUA yang  menjadi wakil Kota Yogyakarta Tingkat Propinsi DIY, semoga menjadi yang terbaik dan bisa mewakili KUA Teladan DIY ke-Tingkat Nasional. (Hms.Nrl)


Kemenag Kota Yogyakarta urutan ke 2 pada MTQ ke 27 Tk Propensi DIY 2018 di-Kab. Bantul

 

        Acara Penutupan MTQ Tingkat Propinsi DI Yogyakrta ke-27 Tahun 2018 yang berlangsung 17-19 April 2018 di Kab. Bantul, bertempat  di Pendopo Parasamya, Bantul, (19/4/18). Dihadiri seluruh Kafilah     Kontingan masing-masing Kab. Kulon Progo, Kab.Sleman, Kab. Gunung Kidul, Kab. Bantul dan Kota Yogyakarta.

           Keikutsertaan Kontingan Kafilah Kementerian Agama Kota Yogyakarta sebanyak 50 orang, terdiri 42 Kafilah , 3 0rang pelatih dan 5 orang official, telah menorehkan hasil yang membanggakan dengan menyabet sebagai Juara 2, setelah tuan rumah Kab. Bantul yang otomatis  menjadi Juara Umum.

       Dari 20 Cabang yang dilombakan Kontingan Kafilah Kemenag Kota Yogyakrta memperoleh 7 cabang lomba sebagi Juara 1 yakni dari :

  1. Cab. Tilawah Anak Putra : Anas Bijaksana.
  2. Cab. Tilawah Anak Putri : Syakirah Nur Hidayah.
  3. Cab. Tilawah Tartil Putri : Unaisa Sabrina.
  4. Cab. Tahfidz 20 Juz Putri : Aufa Latif.
  5. Cab. Tafsir Bahasa Arab Putri : Vicky Firotun Nisa.
  6. Cab, Khot Dekorasi Putra : Thoha Putra.
  7. Cab. MMQ Putri : Ainatu Masrurin.

Selanjutnya 9 Cabang lomba sebagai Juara 2, dan 8 Cabang lomba sebagai Juara 3, selebihnya 5 Cabang lomba Juara Harapan 1 dan 4 Cabang lomba Juara Harapan 2. Dari 20 cabang lomba yang dilombakan hanya mengirim 42 kafilah sebagai peserta yang seharusnya 48 peserta, karna ada 6 kategori lomba yang tidak diikuti yaitu :Tilawah Qiro’at Mujawwac (Putri), Tafsir Bahasa Arab (Putra), Tafsir Bahasa Indonesia (Putra), Tafsir Bahasa Inggris (Puta/i) dan Khot Naskah (Putri).

Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA  yang sekaligus Ketua Kontingan, usai pengumuman juara lomba langsung menyambangi semua Kafilah mengucapkan selamat dan  sembari memberikan apresiasi kepada semua kafilah yang sudah mempersembahkan hasil terbaik diajang MTQ Tingkat Prop. DIY yang mewakili Kontingan Kafilah Kota Yogyakarta sebagai Terbaik Kedua. Beliau berpesan " bagi juara 1 dan 2 diharapkan agar  lebih tekun dan ditingkatkan lagi latihannya untuk mewakili Propinsi DIY diajang lomba MTQ Tingkat Nasional yang rencananya dilaksanakan September 2018 di Medan –Sumatra Utara. Untuk yang belum berhasil meraih juara, harus tetap semangat dan terus giat berlatih, masih ada kesempatan di lomba MTQ selanjutnya". (hms.Nrl).


Penyerahan Penghargaan Kemenag Berprestasi

Dalam akhir penutupan Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diselenggarakan di Hotel Lorin Solo Jawa Tengah kemarin Kamis 1 Maret 2018 dengan rasa syukur Alhamdulillah serta hasil kerja keras seluruh ASN Kemenag Kota Yogyakarta akhirnya perjuangan tersebut menghasilkan Prestasi yang membanggakan dengan memperoleh Piagam Penghargaan sebagai “ Peraih Nilai Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Tertinggi di lingkungan Kanwil Kemenag DIY ”, yang diserahkan langsung oleh Bapak Kepala Kanwil Kemenag DIY H.M. Lutfi Hamid kepada  Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta H.Sigit Warsita. Dalam kesempatan tersebut Kemenag Kabupaten Bantul juga memperoleh penghargaan sebagai PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) pertama di DIY pada khususnya dan Wilayah Indonesia pada umumnya serta Kemenag Kabupaten Sleman memperoleh penghargaan terkait penyerapan anggaran EMPA tertinggi se DIY. (dpj)

HANYA BUTUH SATU “KLIK” DALAM HITUNGAN MENIT UNTUK BERANGKAT KE TANAH SUCI

        Kementerian Agama Kota Yogyakarta bertekad untuk merubah mindset masyarakat sekaligus cultureset ASN Kemenag Kota Yogyakarta khususnya yang terkait dengan pelayanan haji, maka diawal bulan Mei 2018 pelayanan pendaftaran haji di Kankemenag Kota Yogyakarta agar menjadi lebih nyaman, lebih mudah, dan cepat, tidak lagi dalam hitungan hari ataupun jam melainkan dalam hitungan menit. Pelayanan ini diluncurkan untuk menjawab ekspektasi warga Kota Yogyakarta yang kebanyakan dari kalangan terdidik dan memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi, tentu membutuhkan pelayanan yang cepat, tepat dan efisiensi waktu. Pada sisi lain adanya kenyataan tingginya harapan hidup warga Kota Yogyakarta, tentu ini mengharuskan adanya treadment khusus dalam melayani kebutuhan mereka yakni dengan model One Day and One Stop Service.

         Pada saat yang sama pelayanan masyarakat di bidang pendaftaran haji memiliki rating yang paling tinggi diantara pelayanan-pelayanan yang ada di lingkungan unit kerja Kankemenag Kota Yogyakarta. Namun di internal Kankemenag setidaknya ada 2 (dua) kendaladalam kenyamanan pelayanan dimaksud, pertama ; posisi ruang PHU yang berada menjorok kedalam walau masihdalam area lantai I, dan ini terasa menyulitkan sehingga calon jamaah harus selalu bertanya kepada petugas jaga dana tau kepada karyawa/wati yang dijumpa[, walau di depan ruang PHU telah di beri tanda. Kedua  ; tidak ada ruang tunggu yang refresentatif dalam arti tempat tersendiri yang nyaman, rap[ dan dekat dengan ruang SISKOHAT. Selama ini mereka menunggu di kursi tunggu lobby kantor atau duduk di teras di depan ruang PHU.

Diluar kendala-kendala diatas, secara umum masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji masih akan melalui dua fase kegiatan yang lumayan panjang karena kemungkinan tidak dapat di laksanakan dalam satu waktu, yaitu ;

  1. Datang ke Bank Penerima Setoran BPS- BPIH untuk membuka rekening dan sekaligus mendapatkan nomor verifikasi.
  2. Datang ke Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta untuk mendaftarkan sebagai calon jama’ah haji dengan membawa noor verifikasi dari BPS BPIH tersebut diatas. Di desain khus

        Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, maka pelayanan pendaftaran haji akan di gabungkan menjadi bagian dari pelayanan di PTSP di ruangan yang di desain khusus untuk itu. Kecepatan pelayanan pendaftaran haji di PTSP terletak pada kategori pelayanan model One Stop Service.

        Di PTSP ada 5 counter antara lain, counter 1-3 untuk pelayanan PTSP, counter 4 untuk perwakilan dari petugas BPS-BPIH dan counter 5 dari JFU penerima pendaftaran haji. Apabila calon jemaah haji datang dan sudah membuka tabungan di BPS sudah dapat surat verifikasi dari bank, maka pelayanan pendaftaran haji langsung ditangani oeh JFU dari PHU.

        Namun jika jamaah haji belum membuka rekening tabungan di BPS, maka yang bersangkutan masuk di counter 4 untuk proses buka tabungan. Karena keterbatasan lahan sehingga pihak BPS tidak mungkin menyiapkan armada mobile bankng di sekitar Kankemenag Kota Yogyakarta Sehingga semua proses dilakukan melalui jaringan internet dari aplikasi BPS bersangkutan.

        Calon jamaah haji pertama-tama membayar dan membuka tabungan melalui petugas dari BPS di counter 4, untuk proses input data calon jamaah haji dilakukan di PTSP. Kemudian data dikirim ke induk BPS sampai calon jamaah mendapatkan verifikasi ari BPS.  Hasil verifikasi kemudian dikirim melalui handphone androit ke petugas BPS di PTSP. Setelah hasil verifikasi diterima maka clon jamaah haji kemudian melalukan proses rekam data di SISKOHAT , jika proses rekam data selesai maka proses penfataran haji sudah selesai.

        Dengan demikian seseorang yang hendak mendaftar sebagai calon jamaah haji hanya cukup 1 (satu) kali di PTSP, dengan dukungan teknologi informasi (IT), maka proses sebagaimana diatas tentu tidak akan memakan waktu yang panjang, bahkan bisa diselesesaikan dalam hitungan menit. Sehingga calon jamaah haji akan mendapatkan kepuasan karena mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat di tempat yng refresentatif, juga benefid lain yang diperoleh semisal hemat waktu serta hemat biaya.

        Untuk cetak buku tabungan dapat diambil pada keempatan lain olh calon jamaah di BPS bukan di PTSP atau mungkin bahkan diantarkan oleh BPS ke alamat calon jamaah sebagai bagian dari pelayanan kepada nasabah oleh BPS dimaksud.(hms.Nrl) 

 

WALIKOTA YOGYAKARTA MENYAPA SISWA RAUDLATUL ATHFAL (RA) SE-KOTA YOGYAKARTA

Bapak Walikota dan Bunda paud Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Hoeru Poerwadi, MA  menyapa siswa Raudlatul Athfal (RA) Selasa (2/1/18)

Dalam rangka menyemarakan HAB Kemenag Kota Yogyakarta ke-72 tahun 2018 sekitar 100  anak dari perwakilan Raudlatul Atfhal  (RA) se Kota Yogyakarta, Selasa (2/1/18) dengan didampingi guru pembimbingnya berkumpul di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta, dalam sebuah kegiatan yang bertajuk “Walikota Menyapa Siswa Raudlatul Atfhal (RA) se-Kota Yogyakarta” . Hadir dalam kegiatan dimaksud Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Hoeru Poerwadi, MA  dengan didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA, Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta H. Achmad Fauzi, S.Ag.,M.S.I. Dalam acara itu Wakil Walikota Yogyakarta Drs Hoeru Poerwadi, MA berkenan menyapa, berdialog dan berintegrasi dengan para siswa Raudlatul Athfal.

 Yang melatar belakangi kegiatan ini adalah, dengan Walikota Menyapa diharapkan bisa memberikan motivasi kepada guru dan siswa Raudlatul Athfal (RA), yang juga sekaligus  untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya Kota Yogyakarta tentang keberadaan lembaga pendidian  Raudlatul Athfal (RA) dan program unggulan  Raudlatul Athfal (RA)  sebagai salah satu lembaga informal untuk anak usia dini di bawah naungan Kementerian Agama Kota Yogyakarta,  dalam rangka menstimulasi kepekaan dan pengenalan “dunia luar” adalah dengan kegiatan minitrif (pembelajaran diluar kelas). 

Melalui kegiatan minitrif ini diharapkan anak sedini mungkin diperkenalkan berbagai hal tentang benda dan orang-orang disekitarnya, pengenalan berbagai pola, sikap dan prilaku akan membantu anak memahami aspek-aspek psikologi dari lingkungan sosialnya.  Karna setiap anak ditakdirkan memiliki tingkat intelektual, watak, profesi, dan bakat yang berbeda-beda, ditangan pendidik yang cerdas, maka perbedaan perbedaan itu justru saling melengkapi.

Pada kegiatan tersebut siswa Raudlatul Athfal (RA) juga mempersembahkan  kebolehannya dengan menampilkan  Senam Anak Sholeh dan Tari Saman dihadapan Wakil Walikota Yogyakarta dan hadirin, selesai disapa Bapak Wakil Walikota Yogyakarta kemudian mereka mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Perizinan dan Penanaman Modal untuk memberikan souvenir kepada Kadis Dukcapil dan Kadis Perizinan dan Penanaman Modal Kota Yogyakarta, juga kepada tamu/masyarakat yang sedang menunggu pelayanan. 

Yang menarik dari kegiatan penyampaian souvenir tersebut adalah penyampaian infromasi kepada masyarakat luas bahwa pada tanggal 3 Januari 2018 adalah Hari Amal Bakthi (HAB) Kemenag yang ke-72, karna banyak masyarakat luas yang belum tahu kapan Kementerian Agama RI dilahirkan. Kegiatan itu sekaligus juga untuk membuka kesadaran serta pemahaman masyarakat bahwa ada pendidikan Formal disamping Taman Kakak-kanak (TK) yang sudah secara umum dikenal oleh masyarakat, sehingga diharapkan nantinya masyarakat ikut memiliki dan mendukung keberadaan Raudlatul Atfhal (RA) di tengah-tengah lingkungan mereka. (Hms.Nrl)

PEMBUKAAN RAKER KEMENAG KOTA YOGYAKARTA 21 Maret 2018, di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Sleman

Rapat kerja Kementerian Agama Kota Yogyakarta pada Tahun 2018 diselenggarakan selama 2 hari (Rabu-Kamis, 21-22/3/2018), bertempat di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.Pada rapat kerja tahun ini Kemenag Kota Yogyakarta menghadirkan tema Memperteguh terwujudnya E-Goverment melalui Inovasi dan Digitalisasi Pelayanan”, dimana rapat kerja kali ini dikemas dengan konsep tematik, yang diikuti sebanyak 56 orang ASN Kemenag Kota Yogyakarta, terdiri dari unsur Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Kepala KUA se-Kota Yogyakarta, Kepala Madrasah Negeri, Pokjaluh, Pengawas, Bendahara Pengeluaran, PPK, ULP, Perencana, PPHP, BMN, Kepegawaian, PPABP.

Sebelum acara pembukaan raker terlebih dahulu semua peserta mengikuti acara “Capasity Building” yang diselenggarakan dengan ngobrol santai mengambil judul “Tentang Pelayanan Publik Zaman Now” oleh Motivator dari Amikom Yogyakrta Drs. H. D. Iriyanto, MM,CPC. 

Pada acara pembukaan rapat kerja Kemenag Kota Yogyakarta, Rabu, (21/3/18), di buka oleh Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Lutfi Hamid, M.Ag dalam  sambutannya 

mengatakan bahwa “ Bekerja memberikan pelayanan kepada publik jangan  hanya berbasis hirarkhi, karena hirarkhi itu dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi, melainkan bekerja harus berbasis relasi, bekerja dengan mengedepankan empati. Hirarkhi itu memang penting, tetapi yang penting tidak semata-mata hirarkhinya, melainkan pada persoalan kemanusiaan.  Di sinilah relasi menjadi penting, kita bangun kebersamaan dengan mind set keterbukaan.  Kita bisa bangun relasi dan kebersamaan dalam melaksanakan program-program strategis, kita bisa bekerja dengan siapapun, karena pada  dasarnya kita tidak bisa berbuat banyak ketika hanya terbelenggu oleh tugas pokok dan fungsi.

Ka Kankemenag Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsita, MA mengharapkan semua peserta raker dapat aktif memberikan sumbangan untuk meningkatkan pelayanan dan mengembangkan program-program  unggulan  layanan terhadap masyarakat.  Sekarang ini, semua jajaran di Kementerian Agama dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat  dan harapan atasan atau institusi kita. Karena itu, Kepala Kemenag Kota Yogyakarta mengajak semua  pejabat struktural maupun fungsional, khususnya semua peserta raker untuk bersama-sama berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. (hms.Nrl)

 

Login Form

000115696
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Kunjungan
795
576
1371
111103
6162
14250
115696

IP Anda: 54.198.206.235
12-11-2018 @ 20:05:58